Persandian Perlu Meningkatkan Penanganan Untuk Optimalnya Informasi

Erfa Muslimah Sabtu, 01 September 2018 241 Kali

Diskominfo,- Kominfo Provinsi Kalsel gelar sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan persandian dalam mengoptimalkan penanganan berita informasi yang berklasifikasi, di Meeting Room Grand Dafam Hotel Banjarbaru, Kamis (30/8).

Sosialisasi dan bimtek ini diikuti oleh semua perwakilan Diskominfo setiap kabupaten se-Kalsel, salah satunya dari Kabupaten Kotabaru.

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel Gusti Yanuar Noor Rifa'i mengatakan, bahwa persandian adalah urusan wajib dalam urusan pemerintahan, oleh karena itu semoga kegiatan ini dapat menambah pengetahuan mengenai bagaimana tugas dan peran persandian bersinergi dengan pelayanan publik.

Disampaikan oleh Narasumber sosialisasi, Aris Munandar bahwa betapa pentingnya pengelolaan dan perlindungan terhadap informasi negara dari kejahatan siber pada sistem IT.

Pada kegiatan sosialisasi dan bimtek ini salah satu hal yang diungkapkan adalah bahwa persandian zaman sekarang tidak hanya dilaksanakan oleh sandiman, berbeda halnya dengan zaman dulu yang hanya dilakukan oleh sandiman.

Sandiman sendiri adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan persandian pada instansi pemerintah.

Selain itu disampaikan pula bahwa, urusan persandian zaman dulu hanya berfokus pada informasi rahasia, namun sekarang pengamanan mencakupi semua informasi publik yang berklasifikasikan.

Persandian adalah segala usaha, pekerjaan, kegiatan dan tindakan yang ditujukan untuk mengamankan dan menganalisis informasi berklasifikasi yang diberlakukan dengan menggunakan metode/teknik dan sarana prasarana tertentu untuk kepentingan negara.(Em)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait