Dinas Perdagangan Gandeng Fakultas Teknik ULM Uji Mutu Beton

Erfa Muslimah Selasa, 23 Oktober 2018 313 Kali

Diskominfo,- Dinas Perdagangan Kabupaten Kotabaru menggandeng Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat untuk melakukan uji struktur bangunan paskakebakaran pertokoan blok B dan blok F Komplek Pasar Kemakmuran.

Pengujian dilakukan Kamis (4/10) oleh tim Laboratorium Struktur dan Material Fakultas Teknik ULM dengan metode hammer test, yaitu sebuah metode praktis untuk memperkirakan mutu beton.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kotabaru Mahyudiansyah mengatakan langkah cepat ini diambil lantaran ada desakan pedagang untuk menempati bangunan eks kebakaran tersebut.

“Karena keinginan pedagang untuk menempati bangunan yang terbakar dan ada keinginan beberapa pihak untuk direnovasi, tapi kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Mahyudiansyah.

Ia melanjutkan, secara teknis bangunan beton yang terbakar tentu akan mengalami penurunan kualitas. Apabila terjadi sesuatu ke depannya, maka pengambil kebijakan akan menerima konsekuensi hukum.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta lembaga yang berkompeten untuk melakukan pengujian. Hasil pengujian akan menentukan layak tidaknya bangunan yang sudah dua kali terbakar ini dimanfaatkan kembali atau harus dibangun ulang.

“Setelah itu baru dibuat kebijakan apakah ini masih layak direnovasi atau tidak bisa digunakan lagi,” ujarnya.

Paskakebakaran yang terjadi akhir September itu, pedagang dilarang melakukan perbaikan apapun sampai evaluasi keamanan bangunan tuntas.

Dalam kebakaran yang bermula dari los pasar subuh dan merembet ke pertokoan dua lantai ini, terdapat beberapa buah toko di lantai satu yang selamat dari amuk api. Sebagian dari toko itu tetap kembali beroperasi seperti biasa. (fitri)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait