Kotabaru Segera Miliki Media Lapor

Erfa Muslimah Senin, 04 Maret 2019 221 Kali

     Diskominfo,- Kabupaten Kotabaru saat ini tengah bersiap dan sesegeranya miliki media lapor dalam menambah pelayanan terhadap masyarakat, yaitu SP4N Lapor, untuk persiapan tersebut Tim lapor dari Kabupaten Kotabaru berkonsultasi dan meminta arahan kepada Dinas Kominfo Provinsi, Jum'at (01/03).

     Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menargetkan, seluruh sistem pengaduan pelayanan publik milik pemerintah daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota dapat terhubung atau terintegrasi dengan Sistem Pengelolaan Pengaduam Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang saat ini dikelola Kementerian PANRB.

     Sistem Pengelolaan Pengaduam Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor, merupakan media untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melaporkan hal atau keluhan terhadap suatu pelayanan SKPD yang ada di Kabupaten Kotabaru.

     Kasi Pengelola Opini Publik Dinas Kominfo Provinsi Kalsel, Chairun Ni'mah Mengatakan bahwa sesungguhnya media lapor ini akan memberi kemudahan kepada kedua pihak yaitu pemerintah dan masyarakat, dimana kita dapat memgetahui secara langsung apa yang menjadi keluhan mengenai pelayanan yang diberikan, begitu pula bagi masyarakat dapat menyampaikan secara langsung dan mudah melalui www.lapor.go.id ataupun sms ke 1708.

     Selain itu, keuntungan dengan menjalankan SP4N Lapor adalah dimana kita dapat memiliki data statistik untuk melanjutkan pembangunan, apa saja yang harus dilakukan pun dapat cepat dikatahui berdasarkan laporan yang disampaikan oleh masyarakat, ujarnya.

     Pihak Dinas Kominfo Provinsi Kalsel pun menyatakan siap membantu dan mendukung segala persiapan dan menggiring pelaksanaan SP4N Lapor di Kabupaten Kotabaru.

     Kasi Layanan Infrastruktur dan Intranet Dinas Kominfo Kabupaten Kotabaru, Aries Mardiansyah selaku Admin Utama SP4N Lapor Kabupaten Kotabaru, mengatakan nantinya setiap SKPD yang ada di Kabupaten Kotabaru akan memiliki satu orang admin instansi (penghubung), dan daerah memiliki tiga admin utama (admin koordinator).

     Aries menyampaikan saat ini masih dalam tahap persiapan baik secara teknis maupun kesiapan terhadap para admin. "Sebelum kita sosialisasikan kemasyarakat, kita harus melakukan beberapa persiapan baik terhadap teknis maupun pemahaman dan cara kerja para admin nantinya, agar semuanya dapat bersinergi." Ujar Aries. (Em)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait