KPU Kotabaru Mulai Lipat Surat Suara

Erfa Muslimah Rabu, 13 Maret 2019 245 Kali

     Diskominfo,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotabaru mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, Sabtu. Kegiatan ini melibatkan masyarakat di lingkungan sekitar Kantor KPU Kotabaru dan beberapa wilayah lainnya.

     “Ada 150 orang tenaga pelipat yang kami libatkan,” ujar Ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin. Pihaknya menargetkan 1.142.997 lembar surat suara bisa selesai disortir dan dilipat dalam sepuluh hari ke depan.

     “Dengan catatan satu orang bisa melipat minimal seribu lembar perhari,” imbuhnya. Para tenaga pelipat diingatkan untuk tidak berbuat curang maupun melakukan tindakan yang bisa merusak surat suara karena ada ketentuan pidananya.

     Selain itu, dalam tata tertib mereka juga dilarang mendokumentasikan proses penyortiran dan pelipatan surat suara tanpa seizin pengawas.

     Pengawasan sendiri dilakukan bersama oleh jajaran KPU Kotabaru, Bawaslu dan kepolisian. Sementara itu, banyak warga antusias menjadi tenaga pelipat surat suara.

     Suryadi, warga Kelurahan Kotabaru Tengah, mengaku sudah lima kali pemilu selalu ikut serta melipat surat suara.

     “Ya daripada tidak ada kegiatan saja,” kata pria yang sehari-hari berprofesi nelayan itu. Ia tak hanya datang sendiri, tapi juga mengajak beberapa orang anggota keluarga dan para tetangga di kampungnya. Tenaga pelipat surat suara seperti dirinya diupah upah Rp 100 perlembar. (fitri)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait