KM Sabuk Nusantara 93 Mulai Berlayar Ke Pulau Sembilan

Erfa Muslimah Selasa, 16 April 2019 241 Kali

     DISKOMINFO,- Kapal tol laut KM Sabuk Nusantara 93 mulai beroperasi untuk melayani transportasi warga Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru.

     Kepala Cabang PT Pelni Batulicin Purwadi mengatakan kapal ini lebih besar dari KM Sabuk Nusantara 55 sehingga kapasitas penumpangnya lebih banyak.

     “Sanus 55 itu kapasitasny lebih kecil karena 750 GT, yang sekarang 1200 GT jadi lebih luas,” ungkapnya. KM Sabuk Nusantara 93 merupakan kapal baru dengan fasilitas yang lebih baik, salah satunya penjualan tiket sudah menggunakan sistem elektronik.

     Selain itu kabin penumpangnya terbagi menjadi kelas-kelas dari ekonomi hingga VIP. “Untuk harga tiket tidak ada perubahan masih seperti dulu sesuai keputusan Kementerian Perhubungan,” tambahnya.

     Seharusnya KM Sabuk Nusantara 93 mulai beroperasi awal januari 2019 untuk menggantikan KM Sabuk Nusantara 55 yang beralih rute, namun terkendala masalah administrasi antara pihak galangan dengan Kementerian Perhubungan.

     Beroperasinya KM Sabuk Nusantara 93 disambut gembira warga Kecamatan Pulau Sembilan karena sebelumnya mobilitas mereka jadi terhambat, terlebih di tengah kondisi laut yang tidak bersahabat. Namun selain peningkatan fasilitas, mereka juga berharap perbaikan pelayanan menjadi perhatian.

     “Dari segi keamanan barang, menaikan dan menurunkan penumpang, dan bagian tiketnya kalau bisa selalu siap,” harap Junaidi, salah seorang warga. (fitri)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait