Ekowisata Hutan Meranti Dipasangi Alarm Peringatan Bahaya

Erfa Muslimah Selasa, 18 Juni 2019 211 Kali

     DISKOMINFO,- Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Kotabaru akan meningkatkan sistem keamanan di Ekowisata Hutan Meranti dengan memasang alarm.

     Kepala Seksi Inv RPPLH KLHS DLH Kabupaten Kotabaru Fahriadi, Minggu (9/6), mengatakan alarm ini berfungsi sebagai peringatan tanda bahaya jika terjadi cuaca buruk agar pengunjung segera berlindung ke titik-titik aman.

     “Insha Allah bulan Juli sudah bisa digunakan untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung,” katanya.

   Selama ini petugas di Ekowisata Hutan Meranti harus mendatangi pengunjung untuk memberikan imbauan langsung, namun ke depan cukup dilakukan dengan membunyikan alarm tersebut.

     “Kalau cuaca buruk khususnya di wilayah hutan meranti biasanya kita tutup dan pengunjung kita imbau segera keluar, kita arahkan ke titik aman misalnya pendopo atau guest house. Nah, selama ini kita imbau dengan mendatangi mereka, ada 5-6 orang anggota kita yang mengecek apakah ada pengunjung di zona rawan,” ungkap Fahriadi.

     Alarm akan dipasang di dua titik, yakni di hutan meranti dan kandang rusa. Pasalnya keduanya merupakan zona rawan karena terdapat banyak pohon besar yang berpotensi membahayakan pengunjung jika tumbang.

       Adapun sistem kerjanya alarm akan berbunyi dua kali sebagai penanda cuaca buruk dan jika berbunyi tiga kali berarti kawasan tersebut harus dikosongkan.

    “Pengunjung harus keluar dari situ, artinya kita memperingatkan dengan melihat situasi sekitar agar pengunjung dipastikan tidak berada di wilayah yang rawan pohon tumbang,” tandasnya. (fitri)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait