Bupati Kotabaru Hadiri Acara Adat Babalian Tandik

Erfa Muslimah Kamis, 09 Januari 2020 1016 Kali

DISKOMINFO - Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH beserta Ketua Adat Dayak dan Forkopimda Kabupaten Kotabaru turut hadir dalam acara pesta Adat Babalian Tandik dan Pemujaan Goa Tamuluang yang berlangsung di Desa Bangkalaan Dayak Kecamatan Kelupang Hulu Kabupaten Kotabaru, Minggu (05/01).

Acara Adat Babalian Tandik dan Pemujaan Goa Temuluang ini adalah upacara adat yang dilakukan masyarakat bangkalaan dayak pada setiap tahunnya secara turun temurun terus dilaksanakan sebagai kewajiban generasi penerus yang harus mengembangkan dan melestarikan nilai sejarah adat agar tidak hilang dan punah begitu saja.

Acara adat babalian tandik dan pemujaan goa temuluang ini juga merupakan ungkapan rasa syukur kepada tuhan atas kesehatan, keselamatan dan limpahan rezki dari hasil pertanian yang didapat.

Bupati Kotabaru menyampaikan, nilai adat istiadat dan budaya yang diwariskan para pendahulu khususnya pesta adat babalian tandik dan pemujaan goa temuluag ini harus dilestarikan, karena dengan kemajuan teknologi dan jaman saat ini bisa mengakibatkan tergerus oleh adat istiadat dan budaya asing. Diharapkan kegiatan tersebut masuk dalam program Dinas Pariwisata.

"Kita harus mensyukuri dan menjaga nilai-nilai luhur budaya bangsa yang kaya akan keanekaraman dan keunikan hendaknya benar-benar dapat dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur pariwisata, karena sektor pariwisata saat ini menjadi salah satu destinasi bagi kita dan sektor ini juga merupakan salah satu penggerak ekonomi kerakyatan." Ungkapnya.

Dilanjutkannya kegiatan ini harus dijadikan sebagai salah satu aset daerah dan bisa menarik para wisatawan untuk lebih luas mengenal Kabupaten Kotabaru.

" Kita harus bersyukur Kotabaru salah satu kabupaten yang kaya akan adat istiadat, kebanyakan daerah lain membuat pariwisata tetapi daerah kita tidak tinggal bagaimana caranya menjaga dan melestarikan peninggalan nenek moyang." Paparnya Ketua adat babalian  M.Jayadi.

Ia juga berharap kepada pemerintah agar nantinya acara ini bisa dijadikan destinasi wisata seperti acara adat yang lain.

" Saya berharap kepada pemerintah kedepannya acara ini bisa dijadikan acara adat yang lebih meriah sehingga tidak kalah dengan acara adat didaerah lain sehingga nantinya wisatawan asing bisa berdatangan ke desa kami dan pada ahirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa bangkalaan pada khususnya" tutupnya. ovc


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait