Empat Kejuruan di BLK Dapatkan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Erfa Muslimah Senin, 16 Maret 2020 208 Kali

Diskominfo - Sebanyak 80 peserta dari empat kejuruan yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kotabaru mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi bagi para pencari kerja.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru, H. Akhmad Asbili pada saat acara pembukaan pelatihan yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), H. Fathannor di aula BLK, Selasa (10/03).

"Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta untuk empat kejuruan yaitu Ilmu Dasar Komputer, Juru Las, Otomotif, dan Instalasi Listrik Sederhana. Untuk instruktur saat ini BLK memiliki tujuh orang" tuturnya.

Dijelaskan Asbili, pelatihan ini diikuti oleh masyarakat yang berasal dari seluruh wilayah Kabupaten Kotabaru dan dalam pelaksanaannya menggunakan dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia.

“BLK Kotabaru mendapatkan dana sebesar Rp. 3.178.955.000 dari Kementerian Ketenaga Kerjaan untuk melaksanakan pelatihan bagi 432 orang, pelatihan ini akan di bagi dalam empat angkatan dalam Kejuruan Ilmu Dasar Komputer, Juru Las, Otomotif, dan Instalasi Listrik Sederhana serta pengolahan hasil perikanan atau pertanian,”jelasnya.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Kotabaru yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H. Fathanor menyambut baik dilaksanakannya pelatihan ini sebagai salah satu bekal peningkatan keterampilan bagi para pencari kerja di Kabupaten Kotabaru.

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan keterampilan pencari kerja meningkat sehingga memudahkan dalam mencari pekerjaan" ujar Fathannor.

"Pelatihan ini diharapkan pula dalam menghadapi persaingan global di era teknologi yang semakin pesat" tambahnya.

Di akhir sambutannya, H Fathannor meminta kepada semua pimpinan perusahaan menyiapkan kebutuhan tenaga kerja minimal 3 tahun ke depan dan memberikan sebanyak banyaknya peluang kesempatan kepada lulusan BLK Kotabaru untuk mengikuti OJT (On The Job Training) atau pemagangan di perusahaan. Dalam acara tersebut juga tampak beberapa perwakilan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kotabaru.(brn)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait