Tiga Pilar Kotabaru Tinjau Kampung Tangguh di Empat kecamatan

Erfa Muslimah Selasa, 07 Juli 2020 196 Kali

Diskominfo - Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus beserta Forkopimda meninjau Kampung Tangguh Banua (KTB) di desa Rantau jaya kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru, senin (6/7).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Kotabaru beserta Forkopimda menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD), bibit jagung, dan benih ikan nila, sekaligus memasangkan rompi kepada tim siaga covid-19 Desa Rantau Jaya.

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus mengatakan dalam upaya memutus penyebaran covid-19 di wilayah kotabaru, pembentukan Kampung Tangguh Banua yang melibatkan unsur masyarakat merupakan program yang patut disyukuri bersama. Dengan terbentuknya Kampung Tangguh di Desa Rantau Jaya, ucap sayed jafar, diharapkan tidak hanya seremonial semata, namun juga ada implementasi yang nyata dan maksimal, karena apabila program kampung tangguh berjalan baik dan sukses maka yang merasakan manfaatnya adalah masyarakat itu sendiri.

"Saya mengajak kepada masyarakat kampung tangguh banua di Desa Rantau Jaya, untuk selalu patuh dan menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dan kepada pemerintah desa saya instruksikan untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk terus melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari," tutup Sayed.

Sementara itu, Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa atas gerakan kampung tangguh yang telah dibentuk di Desa Rantau Jaya.

Dikatakannya, beberapa waktu lalu Kabupaten Kotabaru telah mencanangkan delapan kampung tangguh banua yang ada di Pulaulaut Utara, Pulaulaut Sigam, Geronggang, Sampanahan, Pudi, Hampang, termasuk di Sungai Durian, dan kedepannya bupati kotabaru bersama camat dan pemerintahan desa akan membentuk lagi sepuluh kampung tangguh banua.

Lanjut diutarakan kapolres, Kampung tangguh banua diprakarsai oleh tiga pilar, yakni TNI Polri dan pemerintah tujuannya satu, yaitu untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dari penyebaran covid-19.

Menurutnya, ada empat fokus utama Kampung Tangguh Banua, yaitu yang Pertama Tangguh kesehatan, kedua tangguh sosial ekonomi, ketiga tangguh keamanan, dan keempat tangguh kreativitas.

" Kita berharap dengan gerakan Kampung Tangguh ini bisa menjadi upaya masyarakat berkolaborasi dengan TNI Polri dan pemerintah sehingga menjaga kesehatan dan keselamatan bersama," pungkas Kapolres.

Selain di Desa Rantau Jaya Kecamatan Sungai Durian, Bupati Kotabaru beserta Forkopimda dihari yang sama juga meninjau Kampung Tangguh Banua di 3 lokasi, yaitu di Desa Lalapin Kecamatan Hampang, Desa Karang Payau Kecamatan Kelumpang Hulu, dan di Desa Telagasari Kecamatan Kelumpang Hilir.

Selain bupati kotabaru, hadir juga dalam acara tersebut Ketua DPRD Syairi Mukhlis Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin, Dandim 1004/ Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto, Danlanal Kotabaru Letkol laut (P) Guruh dwi yudhanto, Kepala Kejari Haryoko ari prabowo, Sekdakab Drs. H. Said Akhmad, Kepala SKPD, anggota DPRD, Forkopimca, Camat Sungai durian beserta jajarannya, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta Tim siaga covid-19 Rantau Jaya. (Wr)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait