TPK2D Kotabaru Ikuti Rakor Bersama Provinsi

Erfa Muslimah Selasa, 03 Nopember 2020 66 Kali

Diskominfo - Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Kabupaten Kotabaru mengikuti Rapat Koordinasi bersama TPK2D Provinsi Kalimantan Selatan terkait Peningkatan Keluarga di Desa Batuah Kecamatan Pamukan Barat.

Acara yang dilaksanakan secara virtual ini, dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Ahmad di ruang Operation Room, Selasa (3/11/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak Provinsi Kalsel Hj Husnul Hatimah dalam sambutannya mengatakan, TPK2D adalah tim yang memiliki tugas merencanakan, mengkoordinasikan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan kegiatan pembinaan pembangunan ketahaan keluarga, serta memfasilitasi pembentukan tenaga kader pendamping keluarga.

Kader pendamping keluarga, lanjutnya, harus berperan aktif dalam mengadvokasi dan pendampingan permasalahan keluarga serta memberikan informasi, masukan dan pertimbangan yang diperlukan untuk peningkatan kualitas keluarga.

Sementara, Sekda Kotabaru H Said Ahmad memaparkan, pemerintah daerah terus berusaha meningkatkan kehidupan keluarga di Desa Batuah dengan melibatkan seluruh SKPD terkait dan juga pemerintah desa.

Seperti, lanjutnya, menyediakan buku-buku perpustakaan, pelayanan langsung perekaman dan pembuatan identitas kependudukan dibeberapa RT terjauh di Desa Batuah, memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang perlindungan anak, pemberian vitamin dan juga pemberian bibit dan pakan budidaya ikan tawar.

Dipaparkan Said Ahmad lebih jauh, Selama ini, kendala yang ditemui oleh pemerintah yaitu, selain jarak tempuh yang kurang lebih 217 KM, juga beberpa SKPD tidak dapat menjalankan programnya dikarenakan pemangkasan anggaran yang dialokasikan untuk penanganan covid 19 serta adanya beberapa wilayah RT yang terisolir dan jauh daei pusat desa dan tidak adanya akses jalan yang memadai.

"Pemerintah tidak akan diam, dan akan terus berusaha meningkatkan SDM dan juga kehidupan masyarakat di Desa Batuah,"ujarnya mengakhiri.(brn)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait