(Video) Bupati Kotabaru Resmikan IKK Cantung

Mawardi Selasa, 02 Januari 2018 230 Kali

Kodok News, Kotabaru - Bupati Kotabaru H Sayed Jafar meresmikan pengoperasian Instalasi Pengolahan Air (IPA) IKK Cantung yang berada di Desa Banua Lawas Kecamatan Kelumpang Hulu. Kamis (28/12).

Dimana ketersediaan air bersih ini dibutuhkan terus menerus, bukan hanya keperluan rumah tangga tetapi juga keperluan yang bernilai ekonomis.

Dari sudut manapun ketersediaan air bersih ini sangat penting, oleh karena itu pengembangan infrastruktur air bersih ini menjadi salah satu prioritas utama pembangunan dan jaminan layanan oleh pemerintah daerah.

Dalam sambutannya H Sayed Jafar mengungkapkan bahwa air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia yang berdampak langsung pada kesejahteraan fisik, sosial dan ekonomi masyarakat.

"Kami sangat mendukung upaya dari PDAM Kotabaru dalam memberikan pelayanan maksimal penyediaan air bersih kepada masyarakat," tambahnya.

H Sayed Jafar berharap dengan adanya IKK Cantung ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat, sehingga dapat berdampak terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kita ketahui lanjutnya, Kabupaten Kotabaru merupakan daerah yang cukup luas dengan 21 kecamatan, 198 desa dan empat kelurahan, sehingga menjadikan tantangan tersendiri dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat.

Sementara itu, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kotabaru Noor Ipansyah menjelaskan sebelumnya kapasitas pengolahan air di IKK Cantung ini baru 10 liter/detik, tetapi sekarang ditambah 20 liter/detik sehingga menjadi 30 liter/detik.

"Dengan bertambahnya kapasitas ini, insya allah pelayanan air bersih menjadi maksimal, tidak ada lagi penggiliran air dan jumlah jamnya pun juga akan bertambah," terangnya

Sementara itu lanjutnya, untuk distribusi pihaknya masih menggunakan mesin ginset, dikarenakan belum teralirinya listri yang kemungkinan dalam empat bulan kedepan baru akan bisa dialiri.

"Penggunaan mesin ginsetkan kadang -kadang tidak stabil jadi dapat menggangu pelayanan, mudah-mudahan setelah dialiri listrik nanti pelayanan distribusi air bersih dapat lebih maksimal sehingga kita dapat mewujudkan visi misi bupati untuk peningkatan pelayanan publik  khususnya disektor pelayanan air bersih ,"tutupnya.

Peresmian IKK Cantung ini ditandai dengan penekanan tombol sirene dan dilanjutkan dengan peninjauan langsung oleh Bupati Kotabaru.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan E-KTP oleh pihak Disdukcapil Kotabaru kepada pihak Kecamatan Kelumpang Hulu. ( brn/kodoknews).


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait